Follow us on Google News Follow Now!

Mengenal 9 Kesalahan Pesan Error Dalam Penulisan Rumus Pada Microsoft Excel Dan Cara Memperbaikinya

Pada microsoft excel terdapat 9 jenis error yang harus kita pahami dan harus kita ketahui, karena jika kita sudah mengenelai jenis error tersebut maka
Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated
Mengenal 9 Kesalahan Pesan Error Dalam Penulisan Rumus Pada Microsoft Excel Dan Cara Memperbaikinya

Tidak ada seorangpun yang ingin hasil error dari rumus yang sudah dibuat, namun dengan banyaknya data dan rumus yang sudah kita buat pada microsoft excel kadang kita menemukan error pada rumus yang sudah kita buat. Padahal rumus yang dibuat sebelumnya sudah benar dan tidak ada kesalahan, tapi microsoft excel berkata lain dan memberitahu kita bahwa rumus yang kita buat terdapat kesalahan.

Kadang juga kita merasa bingung dimana letak error disaat membuat rumus pada excel, karena excel hanya memberitahu kita pada sel rumus yang sudah kita buat. Error yang sering kita jumpai dalam membuat rumus di excel adalah #Value!, namun Error tersebut hanya salah satu dari 9 Error yang ada pada microsoft excel.

Pada microsoft excel terdapat 9 jenis error yang harus kita pahami dan harus kita ketahui, karena jika kita sudah mengenelai jenis error tersebut maka kita akan mudah untuk memperbaiki error atau kesalahan tersebut.


Mengenal 9 Kesalahan Pesan Error Dalam Penulisan Rumus Pada Microsoft Excel Dan Cara Memperbaikinya

Apabila disaat penulisan rumus mendapatkan pesan kesalahan, maka salah satu cara untuk mencari dan memahami letak kesalahan tersebut adalah dengan membaca pesan kesalahan tersebut, karena microsoft excel tidak akan memberitahu secara detail. Cukup perhatikan pola kesalahan yang terlihat.

1. Error #DIV/0!

Rumus yang anda tulis itu membagi angka dengan angka 0, Seperti yang sudah di ketahui dalam ilmu matematika angka berapapun tidak bisa dibagi dengan 0. Jadi jika ditemukan rumus seperti itu maka akan keluar pesan error, selain itu juga pesan error akan muncul pada sel tersebut.

2. Error #NAME?

Kesalahan #NAME? adalah kesalahan yang diakibatkan dari kesalahan penulisan nama atau rumus sehingga mengakibatkan excel tidak mengenali nama atau rumus tersebut. Cek nama yang sudah anda buat, siapa tahu anda menuliskan kesalahan anda disitu.

3. Error N/A

Error N/A adalah kesalahan rumus yang ingin mengambil referensi dari sel yang berstatus N/A ( sel yang tidak memiliki data ). Jika anda menggunakan fungsi lookup dan fungsi tersebut tidak menemukan data yang dimaksud.

4. Error #NULL!

Jika anda menemukan Error #NULL! berarti rumus yang menggunakan intersection dua buah range yang tidak saling berpotongan, maka jika hal tersebut terjadi pesan Error #NULL! akan muncul.

5. Error #NUM!

Pesan Error #NUM! adalah kesalahan pada rumus yang mengandung angka yang keliru.

6. Error #REF!

Yang dimaksud kesalahan Error #REF! adalah rumus yang mereferensikan sel yang salah, misalnya saja sel yang dituju atau yang dimaksud sudah dihapus maka akan keluar pesan Error #REF!

7. Error #VALUE!

Biasanya error ini terjadi karena data yang masukan tidak sinkron dengan rumus, Sebagai contoh dalam matematika dalam penjumlahan menggunakan angka 2 + 2 tap jika menggunakan huruf B + 2 maka akan menghasilkan pesan Error #VALUE!

8. Error ######

Nah untuk pesan error yang ini sebenarnya bukan kesalahan pada rumus melainkan kurang lebarnya sel untuk menampung nilai atau angka, dengan melebarkan sel tersebut maka pesan error ##### akan hilang.

9. Error #GETTING-DATA

Dari namanya saja kita sudah mengetahui pesan error tersebut, pesan Error #GETTING-DATA adalah bukan error dalam penulisan rumus melainkan lamanya proses mengambil data external disaat membuka excel.

Dengan memahami dan mengetahui jenis - jenis error pada microsoft excel bisa menambah wawasan anda, Pahami kesalahan dan errornya maka anda akan cepat untuk memperbaikinya. Sekian dulu artikel tentang Mengenal 9 Kesalahan Pesan Error Dalam Penulisan Rumus Pada Microsoft Excel Dan Cara Memperbaikinya, semoga bermanfata.

Baca juga :

About the Author

someone who really likes writing articles and various info to you and hopefully useful

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.