Follow us on Google News Follow Now!

Cara Membuat Blog di Blogger.com Gratis Bagi Pemula, Cek di Sini

Ingin punya blog dengan cara yang gampang dan gratis? Simak cara membuat blog di blogger.com gratis yang mudah bagi pemula berikut ini.
Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated
Cara Membuat Blog di Blogger.com Gratis Bagi Pemula, Cek di Sini

Secara garis besar, blogspot merupakan platform contet management system (CMS) Google untuk membuat blog. Cara membuat blog di blogger.com sebenarnya cukup sederhana, sehingga dapat diaplikasikan dengan mudah oleh pemula.

Dengan adanya blog, konten Anda memungkinkan untuk dilihat banyak orang. Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk membuat blog melalui blogspot. Simak beberapa pembahasan di bawah ini.


Garis Besar Blogger

Seperti yang disampaikan di atas, blogger merupakan platform Google yang memungkinkan untuk membuat blog. Berbeda dengan catatan harian, blog membuka kesempatan agar tulisan Anda dibaca lebih banyak orang.

Menurut catatan Built With, pengguna blogger sampai saat ini sudah mencapai 1,2 juta situs. Dari jumlah tersebut, 28 ribu di antaranya berasal dari Indonesia. Hal itu berarti, blogger merupakan platform blog kedua yang terpopuler setelah WordPress.

Ada beberapa hal yang mesti menjadi pertimbangan untuk membuat blogspot. Sebelum pemaparan lebih lanjut mengenai cara membuat blog di blogger.com atau blogspot, Anda perlu mengetahui beberapa hal berikut.

1 Biaya

Sebagai informasi, membuat blogspot tidak memerlukan biaya alias gratis. Ini merupakan langkah awal termudah untuk menjadi blogger. Namun, Anda hanya akan mendapat subdomain blogspot.com.

Meski begitu, untuk mengembangkan lebih lanjut, Anda masih bisa menggunakan layanan hosting website dan domain murah untuk memberikan kebebasan dalam menetukan alamat website Anda sendiri. Melakukan custom subdomain ke blogspot juga bisa Anda coba.

2 Integrasi Akun

Integrasi akun dapat dilakukan untuk memudahkan pengguna memperoleh fasilitas dan aksesibilitas di blogger. Syaratnya cukup gampang, karena Anda hanya perlu memiliki akun Google sehingga dapat mengintegrasikan semua layanan Google dalam satu akun.

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapat dengan melakukan integrasi akun. Di antaranya, ada layanan Google Adsense, Google Analytics, hingga Google Adword yang memberi kemudahan akses kepada penggunanya.

3 Fitur dan Fasilitas

Dengan cara membuat blog di blogger.com yang tepat, Anda mendapatkan berbagai fitur pengelolaan website sederhana. Fitur yang ada, mulai dari menulis konten, melihat statistik blog, mendesain tampilan, hingga memonetisasi blog.

Fasilitas layanan Google untuk keperluan blog juga bisa didapat dengan mudah. Di antaranya, integrasi akun Google Analytics guna mengenali audiens, Google Adsense untuk membantu mendapatkan penghasilan dari konten online di blog, sampai berbagai fasilitas dari Google lainnya.

4 Keamanan

Dengan berada di bawah server Google langsung, Anda tak perlu khawatir dengan keamamanan blog di blogger. Anda juga sudah mendapat SSL gratis dari Google, sehingga data Anda hingga aliran informasi pada blog tetap terlindungi.

Fitur tambahan blog lain yang Anda peroleh juga bisa berupa penambahan domain yang simpel. Semua itu bisa diakses melalui dasbor pengelolaan Blogspot yang akan langsung pengguna dapatkan langsung setelah cara membuat Blogspot sukses.


Cara Membuat Blog

Sebelum masuk pada cara membuat blog di blogger.com, ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan. Anda dapat membuat blog secara gratis melalui ponsel mau pun komputer Anda dengan mengunakan Blogger. Berikut yang perlu disiapkan untuk membuat blog.

  1. Miliki akun Gmail
  2. Daftar ke Blogger dan login
  3. Klik panah bawah di sebelah kiri
  4. Pilih Blog Baru
  5. Masukkan judul dan nama blog
  6. Tentukan URL atau alamat blog
  7. Buat nama tampilan
  8. Pilih Simpan


Cara Mengelola Blog

Setelah Anda membuat blog, penting bagi Anda untuk mengelola laman dengan baik. Ada beberapa mode pengaturan yang dapat dilakukan untuk website. Berikut adalah beberapa cara mengelola blog bagi pemula yang bisa Anda lakukan.

1 Pengaturan Dasar

Anda bisa membuka setelan dasar dengan mengklik settings yang dilanjutkan dengan memilih basic. Silakan mengedit judul blog pada kolom ‘Title’ dan mengisi kolom ‘Description’ dengan menulis apa yang ingin Anda bahas di blog.

Untuk meningkatkan pencarian di Google, Anda bisa memilih ‘Privacy’ pada bagian ‘Visible to search engines’ agar blog bisa dicari pada mesin pencari. Selain itu, pada cara membuat blog di blogger.com, Anda juga dapat mengatur bahasa dan pemformatan..

2 Pengaturan Postingan

Selanjutnya, ada fitur untuk mengatur postingan, berikut komentar dan sharing pada blog. Anda bisa memilih pengaturan di bawah pada bagian 'Post and comments'. Silakan atur jumlah yang ditampilkan beranda pada kolom ‘Max posts shows on main page’.

3 Pengaturan SEO

Tak kalah penting, pada pembuatan blog yang perlu diketahui adalah pengaturan search engine opitimization (SEO) juga bisa Anda lakukan di blogger. Pengaturan SEO pada blog bagi pemula bisa dilakukan di menu settings pada bagian 'meta tags'.

Silakan pilih ‘Enable search description’ kemudian isi deskripsi pada kolom ‘Search description’ dengan topik yang dibahas pada blog Anda secara garis besar. Untuk tulisan pada meta tag, saat ini dibatasi dengan jumlah 150 karakter.

4 Pengaturan Pengguna dan Privasi

Anda dapat mengakses pengaturan pengguna dapat pada menu ‘User settings’. Bagian itu dapat memberi akses untuk mengedit user profile pada bagian ‘General’. Silakan atur privacy, identity, dan foto profil Anda.

Lebih lanjut, Anda juga dapat melengkapi lokasi, pekerjaan, serta informasi tambahan lainnya. Silakan klik ‘Save settings’ untuk menyimpan setelan yang telah diatur. Bagi pemula, Anda juga bisa sharing dengan blogger lainnya untuk meningkatkan performa blog.

Source:
https://www.niagahoster.co.id/blog/cara-membuat-blogspot-gratis/
https://support.google.com/blogger/answer/1623800?hl=id
https://www.dewaweb.com/blog/cara-buat-blogger/
https://hot.liputan6.com/read/4324372/cara-membuat-blog-dengan-bloggercom-dan-langkah-pemakaian-fitur-lainnya

Baca juga :

About the Author

someone who really likes writing articles and various info to you and hopefully useful

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.