Follow us on Google News Follow Now!

Codeigniter 3 Vs Codeigniter 4, Mana yang Lebih Baik?

Meskipun codeigniter diluncurkan dari pengembang yang sama, bukan berarti keduanya tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Berdasarkan perbedaan tah
Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated
Codeigniter 3 Vs Codeigniter 4, Mana yang Lebih Baik?

CodeIgniter Web Framework adalah salah satu kerangka kerja PHP sumber terbuka yang kuat yang bisa digunakan untuk mengembangkan situs web dinamis dalam PHP. Seperti kerangka kerja apa pun, CodeIgniter akan diperbarui dari waktu ke waktu untuk menghadirkan lebih banyak fitur dan kinerja yang lebih baik bagi pengguna setianya. 

Sebagai perusahaan pengembangan CodeIgniter terkemuka, mereka juga sudah menggunakan framework ini selama bertahun-tahun untuk membangun situs web yang tangguh, kaya fitur, dan dinamis. 

Tak hanya itu, mereka juga akan terus memberi Anda informasi terbaru tentang rilis dan fitur terbaru yang ditawarkan CI untuk membuat situs web tahan masa depan. Dalam pembahasan klai ini, ada beberapa informasi menarik mengenai perbedaan antara CodeIgniter 3 dan 4 - perbedaan penting yang perlu Anda ketahui tentang pengembangan web CodeIgniter. 

Sebelum kita menyelami, mari kita ketahui sedikit tentang apa yang terjadi antara rilis CodeIgniter 3 dan 4.

Codeiginter 3 Vs Codeigniter 4

Setelah rilis CodeIgniter 3, dibutuhkan waktu tepat 5 tahun atau 1767 hari untuk merilis versi stabil pertama dari CodeIgniter 4. Tepatnya, sejak diluncurkan, CodeIgniter versi 3 menerima rilis stabil pertamanya pada 30 Maret 2015 dan CodeIgniter versi 4 menerima rilis stabilnya pada 24 Februari 2020. 

Banyak yang telah berubah sementara itu, termasuk versi PHP baru, kerangka kerja PHP lainnya, dan pembaruan kerangka kerja lainnya. Ini membuat CodeIgniter tertinggal dibandingkan dengan produk lain pada saat itu.

Namun, banyak yang telah berubah sejak pengembang CodeIgniter EllisLab mengajukan pengembangan framework CodeIgniter ke British Columbia Institute of Technology (BCIT), dan CodeIgniter mulai "bekerja" lagi. Dan akhirnya, pada tanggal 28 September 2018, CodeIgniter versi 4 mendapatkan rilis alpha pertamanya.

Selama masa ini, 8 versi PHP dirilis, banyak kerangka kerja PHP lainnya muncul dan kerangka kerja terkemuka diperbarui. CodeIgniter 4 dirilis pada 24 Februari 2020 yang merupakan hari ulang tahun Jim Perry, untuk menghormati orang yang mencurahkan banyak waktu untuk membuat CodeIgniter cukup kuat untuk bersaing dengan framework lain yang ada.

Perbandingan CodeIgniter 3 vs 4

Meskipun codeigniter diluncurkan dari pengembang yang sama, bukan berarti keduanya tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Berdasarkan perbedaan tahun peluncuran, tentu ada sedikit fitur yang tak sama dan bahkan bsia berbeda dari segi tampilan dan mode penginstallan. Oleh karena itu, inilah beberapa perbedaan antara codeigniter 3 dan codeigniter 4 yang perlu diketahui agar tahu mana yang lebih baik. 

1. Dukungan Versi PHP

Tentu saja, CodeIgniter adalah tentang pembuatan versi PHP. Semakin baru versi PHP yang tersedia, semakin baik. Versi PHP minimum yang diperlukan untuk menggunakan CodeIgniter 4 adalah 7.2. CodeIgniter 3 membutuhkan versi usang 5.6.


2. Penggunaan Namespace

CodeIgniter 4 menggunakan namespace seperti yang ditulis seluruhnya dalam PHP 7 sedangkan CodeIgniter 3 tidak menggunakan namespace.


3. Organisasi Direktori

CodeIgniter 3 dan 4 berbeda berdasarkan struktur file. CodeIgniter 4 hadir dengan strukturnya yang diatur dalam lima direktori /app,/system,/public,/writable,/tests. CodeIgniter 3 memiliki struktur yang diatur dalam dua direktori /application, dan/system


4. Pemuatan otomatis

Saat membandingkan CodeIgniter 3 vs 4 berdasarkan proses autoload, CodeIgniter 4 jauh lebih efisien, terutama karena penggunaan ruang nama. Dalam kasus CodeIgniter 3, konfigurasi manual sebagian besar file yang akan dimuat diperlukan.


5. Penggunaan Entitas

CodeIgniter 4 menawarkan dukungan asli untuk menggunakan Entitas yang membantu mengatur bagian database dari aplikasi untuk mewakili kolom yang ada di tabel. CodeIgniter 3 tidak dilengkapi dengan fitur ini, jadi pengguna yang perlu menggunakannya harus menggunakan pustaka pihak ketiga dan melakukan penyesuaian pada unggahan file untuk mendukungnya.


6. Kinerja

Membandingkan CodeIgniter 3 vs 4 berdasarkan kinerja, CodeIgniter 4 memiliki kinerja yang lebih baik daripada CodeIgniter 3 ketika mempertimbangkan untuk menggunakan PHP 7 secara tertulis dan sebagai konfigurasi minimum di server.


7. Pengaturan

CodeIgniter 4 melibatkan pengaturan awal minimal agar aplikasi Anda mulai berjalan. Di sisi lain, CodeIgniter 3 melibatkan banyak konfigurasi yang perlu dilakukan.


8. Perpustakaan Monolitik

CodeIgniter tidak menggunakan library monolitik dengan gaya PEAR, tidak seperti CodeIgniter 3.


9. Dukungan asli untuk file .env

CodeIgniter 4 menyediakan dukungan asli untuk file .env yang membantu dalam mengoptimalkan pengaturan berbagai lingkungan di mana ia dapat berjalan, baik itu produksi, pengembangan, atau pengujian. CodeIgniter 3 tidak menyediakan dukungan asli ini.


10. Migrasi Aplikasi dari 3 ke 4

Karena CodeIgniter tidak kompatibel ke belakang, proses pemutakhiran aplikasi dari CodeIgniter 3 ke 4 membutuhkan lebih banyak pekerjaan, namun sama sekali tidak rumit.


Saat bermigrasi dari CodeIgniter 2.x ke 3.x dan antara versi 3.x yang berbeda hanya tentang menimpa file di direktori /system dan memperbarui nama file tertentu, migrasi dari 3 ke 4 memerlukan struktur baru untuk aplikasi dan penulisan ulang semua kelas yang digunakan di dalamnya agar sesuai dengan standar baru.


Anda dapat menyewa pengembang CodeIgniter dari kami jika Anda perlu memutakhirkan dari versi CodeIgniter saat ini ke versi terbarunya.


11. Memiliki fungsi REST

Source Route memungkinkan Anda untuk ROUTING menggunakan metode RESTful, sehingga Anda dapat menggunakan CI untuk membuat REST API. Selain itu, CI memiliki fitur cakupan HTTP.


12. Memiliki server pengembangan lokal

Fitur ini memungkinkan Anda untuk menjalankan proyek Anda tanpa menyebarkannya ke server web lokal Anda. Untuk menggunakan fitur ini, masukkan perintah berikut di direktori proyek Anda dari terminal:


Layanan sharp PHP. Untuk mengakses melalui http://localhost:8080/. Fitur ini tidak tersedia di CI 3, tetapi memerlukan folder proyek di server web lokal Anda.

Pertanyaan Terkait Codeigniter

Pertama: Bisakah Anda membantu saya bermigrasi ke CodeIgniter 4 dari framework PHP lainnya?

Ya, tentu saja. Anda dapat mempekerjakan pengembang CodeIgniter dari kami yang dapat membantu Anda memigrasikan semuanya ke CodeIgniter dari framework PHP apa pun yang Anda gunakan.

Kedua: Mengapa memilih CodeIgniter daripada framework lainnya?

CodeIgniter direkomendasikan daripada framework PHP lainnya karena alasan berikut:

  • Kerangka kerja sumber terbuka
  • Pengembangan lebih cepat
  • Manajemen file yang efektif
  • Fungsi keamanan yang hebat
  • Konfigurasi sederhana
  • Kurang Coding
  • Penanganan kesalahan yang mudah
  • Solusi templat
  • Pengujian tahap demi tahap, dan banyak lagi.

Ketiga: Apakah CodeIgniter mudah dipelajari?

Ya. CodeIgniter ramah bagi pemula karena hadir dengan konfigurasi yang sederhana. Jadi, tidak akan sulit untuk mempelajarinya meskipun dilakukan oleh pemula sekalipun. 

Kesimpulan

Jadi, ini adalah beberapa perbedaan utama antara CodeIgniter 3 vs 4. Sebagai perusahaan pengembang CodeIgniter profesional, kami menawarkan rangkaian lengkap pengembangan web CodeIgniter dan layanan terkait lainnya.

Berdasarkan perbedaan yang sudah disebutkan sebelumnya, Codeigniter 4 memiliki efisiensi dan juga ketepatan fitur yang lebih memadai dibanding dengan codeigniter 3. Namun, Anda tetap bisa menggunakan jenis codeigniter ini sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

Baca juga :

About the Author

someone who really likes writing articles and various info to you and hopefully useful

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.